Minggu, 25 November 2012

Makalah (Struktur Sosial)


STRUKTUR SOSIAL
(Definisi dan Ciri)


Makalah
Ditulis untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Bahasa Indonesia 2




Oleh
YULIARTO ERDY KURNIAWAN
NPM: 28210757



PROGRAM STUDI AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
BEKASI
2012


 
STRUKTUR SOSIAL

A.  Definisi
Struktur sosial adalah jalinan antara unsur-unsur sosial yang pokok, yaitu kaidah-kaidah atau norma-norma sosial, lembaga-lembaga sosial, kelompok-kelompok sosial, serta lapisan-lapisan sosial.
Menurut Soerjono Soekanto, struktur sosial mengacu pada hubungan hubungan yang lebih fundamental, yaitu memberikan bentuk dasar pada masyarakat dan memberikan batas-batas pada aksi-aksi yang mungkin dilakukan secara organisasi.
Menurut Raymond Flirt, struktur sosial suatu pergaulan hidup manusia meliputi berbagai tipe kelompok yang terjadi dari banyak orang dan meliputi pula lembaga-lembaga di mana orang banyak tersebut ambil bagian.
Sedangkan menurut E.R. Lanch, struktur sosial ialah cita-cita tentang distribusi kekuasaan di antara individu dan kelompok sosial.
B.  Ciri-ciri Struktur Sosial
1.    Muncul pada kelompok masyarakat
Struktur sosial hanya bisa muncul pada individu-individu yang memiliki status dan peran. Status dan peranan masing-masing individu hanya bisa terbaca ketika mereka berada dalam suatu sebuah kelompok atau masyarakat. Pada setiap sistem sosial terdapat macam-macam status dan peran indvidu. Status yang berbeda-beda itu merupakan pencerminan hak dan kewajiban yang berbeda pula.
2.    Berkaitan erat dengan kebudayaan
Kelompok masyarakat lama kelamaan akan membentuk suatu kebudayaan. Setiap kebudayaan memiliki struktur sosialnya sendiri. Indonesia mempunyai banyak daerah dengan kebudayaan yang beraneka ragam. Hal ini menyebabkan beraneka ragam struktur sosial yang tumbuh dan berkembang di Indonesia.



 
DAFTAR PUSTAKA
Soekanto, Soerjono: Memperkenalkan Sosiologi, Jakarta: Rajawali Press, 1981.
Wuryanti, Nunig: Sosiologi, Depok: CV. Arya Duta, 2007.
http://5osial.wordpress.com/2010/07/15/struktur-sosial-pelajaran-klas-xi/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar